Minggu, 02 Juni 2013

Hijau Mulai dari Sekitar Kita



Banyak pendapat yang mengatakan jika Bumi sebagai tempat kita berpijak ini sudah mulai mengalami fase yang sangat kritis itu karena atmosfer Bumi mulai meningkat.Semua itu disebabkan karena hutan yang seharusnya dijadikan tempat menaggulangi degradasi dan sebagai paru-paru dunia kini sudah mulai mengalami perubahan. Hal ini disebabkan keserakahan dari manusia itu sendiri. Manusia yang diberi amanat dari sang pencipta untuk menjaga dan merawat lingkungan dengan sebaik-baiknya malah berlaku kejam terhadap lingkungan.
Banyak terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan sebagainya  di sebabkan karena manusia kurang menghargai lingkungan. Jika manusia itu mau menghargai lingkungan baik menjaga dan merawat maka lingkungan akan bersahabat dengan kita.  Kita hidup di dunia ini tidak sendiri kita hidup berdampingan dengan makhluk lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Jika kita bisa menghargai dan mau hidup berdampingan dengan mereka maka akan terjadi keseimbangan antara makhluk hidup dan alam.
Tidak disadari beragam bentuk kerusakan lingkungan terjadi di sekitar kita. Seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, longsor, banjir, kebakaran hutan, serta krisis air bersih. Hal ini lama kelamaan akan berdampak pada pemanasan global pada lingkungan. Khususnya bagi kesehatan masyarakat sendiri. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara lingkungan, telah menimbulkan kemerosotan kualitas kelestarian alam. Maka, tidaklah berlebihan jika gerakan ramah lingkungan pun harus selalu kita lakukan.
Penghijauan lingkungan adalah solusi utama untuk mengatasi banjir dan kerusakan lingkungan lainnya. Selain berfungsi sebagai area resapan air dan ruang interaksi sosial, ruang terbuka hijau semakin penting artinya dalam mendukung program Go Green dalam rangka mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim yang dialami bumi kita, sekarang ini. Sebenarnya mudah saja melakukan gerakan penghijauan. Mulailah dari lingkungan tempat tinggal kita. Walaupun kecil atau bahkan tidak punya area untuk memelihara taman, pastikan rumah kita memiliki tanaman. Selain turut berpartisipasi melakukan gerakan penghijauan, rumah pun akan terlihat lebih indah dengan adanya pohon dan tanaman rindang. 

0 komentar:

Posting Komentar