Sabtu, 07 November 2015

Pentingnya Berorganisasi

Pentingnya Berorganisasi
            Organisasi intera kampus merupakan organisasi mahasiswa yang memiliki kedudukan resmi di lingkungan perguruan tinggi, sekaligus mendapat pendanaan kegiatan dari pengelola kampus bahkan juga kementerian/ lembaga.
            Bentuknya bermacam-macam seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Dewan Pembina Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), Mahasiswa Pncinta Alam (Mapala) dan beberapa lagi lainya.
            Belum lama ini kampus STIA “AAN” Yogyakarta mengadakan kegiatan yang berorentasi pada pentingnya berorganisasi. Tujuanya, ketika mahasiswa berada di lingkungan masyarakat dapat mengembangkan cara berorganisasi yang telah didapatnya, pakar organisasi mengungkapkan, pengertian organisasi merupakan tata hubungan sosial. Dalam hal ini, seorang individu sedang melakukan proses interaksi dengan sesamanya dalam kegiatan yang disebut organisasi.
            “ Organisasi adalah wadah mahasiswa yang belajar, berkarya, berinovasi. Lakukan agar bisa lebih berkembang dan mengembangkan diri. Dulu, tokoh-tokoh Indonesia juga aktif berorganisasi. Oleh sebap itulah, kegiatan mahasiswa harus berorentasi kepada masyarakat,” ujar Drs Arif Kuncoro DP MPA, Ketua STIA “AAN” Yogyakarta. Sedangkan Daris Yulyanto, SIP, MPA, Ketua bidang kemahasiswaan menyatakan, organisasi bisa menjadi sarana mahasiswa mengembangkan pengabdian sesuai Tri Dharma perguruan tinggi.
            “ Setiap mahasiswa harus mampu menyeimbangkan antara kuliah, organisasi dan kepentingan diri. Daya merasa, banyak hal yang bisa didapat dari aktivitas berorganisasi,” ujar Dedi dan Rizky, mahasiswa semester pertama yang juga peserta kegiatan. Merka mengaku, selama studi mereka mendapat sarana penempaan diri dalam hal merubah cara berpikir, bersikap, dan persepsi tentang masalah yang terjadi disekitarnya.
            Pada akhirnya, adalah penting bagi setiap mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam organisasi. Dengan demikian merka bisa memperoleh berbagai ilmu dari luar jam kuliah yang pada akhirnya bermanfaat bagi masyarakat. “ yang penting usahakan untuk selalu merasa senang,” pungkas Edy, salah satu alumni organisasi kampus.
Oleh: Lio Bijumes

Dimuat di Kedaulatan Rakyat, Selas 19 Desember  2014


0 komentar:

Posting Komentar