Sabtu, 07 November 2015

STIA “AAN” Lakukan Bulan Bhakti Lingkungan

STIA “AAN” Lakukan Bulan Bhakti Lingkungan
 penulis: Lio Bijumes
“ Para mahsiswa STIA “AAN” Yogyakarta membersihkan lingkungan di sekitar wilayah Belunyaherjo, kecamatan Tegalrejo, Yogyakarta.

Bulan ini (Desember 2013) menjadi bulan yang cukup penting bagi keluarga Mahasiswa Papala AGNY dan para anggota komonitas UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara (STIA) “AAN” Yogyakarta. Kenapa? Karena mereka sepakat memanfaatkan hari-hari dibulan terakhir ini sebagai “ Bulan Bakti Lingkungan.”
Kegiatan mahasiswa ini tidak hanya dilakukan dengan menanam pohon melainkan juga membersihkan lingkungan disekitar Kalibuntung yang ada di wilayah Bluyaherjo dan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Di tempat itulah para mahasiswa melakukan kegiatan social dengan cara kerja bhakti.
“ Kegiatan kami disambut baik oleh warga dan tokoh masyarakat karena masalah lingkungan makin lama makin meluas dan makin serius. Ibarat bola saljuyang terus menggelinding semakin besar, persoalan lingkungan  tak bisa diatasi oleh orang per seorangan dan kelompok, melainkan harus diselesaikan secara bersama-sama,” tutur Maya, Ketua Panitia.
Ia menambahkan, persoalan lingkingan ini tak hanyabersifat local melainkan juga regional dan global. “ perkara ini memiliki multi mata rantai yang saling mempengaruhi secara subsistem. Jika satu aspek kena masalah, aspek yang lain akan terkena dampaknya sehingga kita memerlukan kerja yang mengacu pada pola sinergi dari berbagai elemen.”
Menurut maya, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu contoh kegiatan yang harus tetap dilakukan dan di kembangkan dikampusnya agar para mahasiswa yang lain memiliki kepedulian terhadap lingkungan. “ Saya juga berharap, masyarakat yang tinggal di sekitar sungai memiliki kepekaan yang sama, apalagi bagi kami para pencinta alam yang jelas berkomitmen  untuk peduli  dan memiliki kecintaan yang tinggi pada alam,” tambahanya.

Rencananya, kegiatan seperti ini akan dilangsungkan secara berkala. Terlebih lagi para tohoh masyarakat dilingkungan itu mendukung penuh upaya para mahasiswa yang tergabung dalam Mapala AGNY, “Kami merasa sangat terbantu. Bahkan berharap agar kerjasama seperti ini dijalankan secara rutin dengan cara sebulan sekali mengadakan pertemuan untuk membahas agenda akan datang, “ pungkas tokoh masyarakat pnggiran Kali Buntung.

0 komentar:

Posting Komentar